Kampung Ahok, Destinasi Wisata Baru Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Bangka Belitung

Tapi hanya sebuah rumah didalam gang dengan jalan kecil. Ini rumah Ahok. Kini rumah keluarga Ahok memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Belitung Timur.

Memang sih, siapa juga yang tidak kenal Ahok. Pria keliharan Belitung Timur ini sudah menjadi tokoh nasional dan lengkap dengan segala prestasi serta kontroversinya. Ketenaran Ahok sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ternyata turut membuat daerah kelahirannya Belitung Timur semakin dikenal.

Bahkan, banyak pengunjung yang tour ke Belitung tertarik untuk berkunjung ketempat asal dan rumah. Rumah Ahok terletak di Jalan KA Bujang Nomor 22 Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Hampir semua hal tentang Ahok nampaknya menjadi media darling hingga tak luput dari sorotan para jurnalis, tak terkecuali tempat ia menghabiskan masa kecil di Manggar, Belitung Timur ini.

Hal itu pada akhirnya membuat rumah dan kampung Ahok juga menjadi maknet wisata tersendiri di Belitung. Saat ini kami bahkan juga memasukkan kampung Ahok kedalam salah satu objek wisata Belitung yang akan anda kunjungi saat mengikuti paket wisata Belitung.

Kepopuleran Ahok tak bisa dipungkiri turut mengangkat citra Belitung Timur. Apalagi, ia dibesarkan di sebuah desa kecil dan kini telah menjadi daya tarik wisata.

Di dalam rumah Ahok sendiri terpampang bingkai-bingkai foto keluarga Ahok, Basuri (adiknya) hingga Presiden Joko Widodo. Di ruang tengah, terdapat satu set sofa berwarna merah marun dengan televisi layar datar yang menjadi tempat berkumpul keluarga.

Di dekat sofa, terdapat sebuah bar mini dengan pajangan botol-botol minuman. Di bagian belakang rumah, terdapat sepeda-sepeda yang terparkir, juga ada sekitar empat kandang burung yang tergantung.

Menurut ibunda Ahok, Buniarti Ningsih (70), mereka telah menempati lahan rumah ini sejak menikah pada tahun 1965 dan Rumah ini sudah direnovasi tiga kali. Terakhir direnovasi menjadi modern tahun 2009. Dulunya rumah ini seperti rumah panggung.

Keluarga ini juga masih sering berkumpul semua pada saat Tahun Baru Imlek dan Tahun Baru untuk kumpul-kumpul dan makan-makan di rumah.

Rumah keluarga Ahok ini cukup menonjol jika dibandingkan dengan rumah-rumah penduduk yang ada di sekitarnya. Rumah bertingkat dua tersebut terdiri dari lima kamar didalamnya.

Jalan Menuju Kampung Ahok ini cukup jauh jika ditempuh dari Kota Tanjung Pandan. Tapi jalanan jangan khawatir jalan menuju ke sana sudah diaspal mulus dan dijamin tak ada kemacetan.

Kondisi lingkungan di dekat kampung ini dan kota Manggar sendiri masih sedikit tersentuh dengan kemajuan “perkotaan” apalagi “kekinian”. Nah, Tepat di depan rumah Ahok sendiri ada sebuah papan penanda bertuliskan “Kampoeng Ahok”.

Jangan lupa untuk mengabadikan moment ditempat ini saat ke Belitung Timur. Kalau musim liburan dan weekand anda harus antri untuk bisa berfoto dengan bebas di tempat ini.

Rumah panggung yang tepat berada didepan rumah keluarga Ahok cukup besar dan megah. Anda bisa memesan dan menikmati makan siang dengan menu aneka kuliner khas Belitung ditempat ini. Makan ditempat ini anda harus duduk dengan lesehan (duduk di lantai papan) beralaskan tikar.

Sedangkan pada halaman samping rumah Ahok terdapat sebuah galeri sekaligus sanggar batik yang dinamai Sanggar Batik Simpor. Selain membuat batik, anda yang ikut tour ke Belitung bisa belajar membatik dan berbelanja bahan-bahan batik di galery itu.

Selain menikmati masakan tradisional di rumah tradisional, anda juga bisa berbelanja aneka produk UKM Belitung Timur yang sudah tersedia didalam rumah panggung tersebut. Berbagai jenis makanan kering dan jajanan, tak lepas juga kue-kue juga ada disini.

Bila sudah ke rumah Ahok ada beberapa objek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Manggar, kab Belitung Timur. Beberapa diantaranya adalah museum kata, rumah keong, replika SD Laskar apelangi, bendungan pice, ngopi di Manggar dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *